Kamis, 10 Mei 2012

Pariwisata Mesir Bnagkit Kembali Tahun Ini



Menteri Pariwisata Mesir, Mounir Fakhry Abd ElNour, optimistis pariwisata negerinya akan bangkit kembali pada musim semi 2012. Dia menarget 14,7 juta wisatawan akan datang tahun ini.

“Target antisipasi 14,7 juta wisatawan tahun ini. Jumlah yang sama pada tahun 2010 - tahun sebelum revolusi rakyat menggulingkan pemerintah Mesir,” kata Mounir Fakhry dikutip Arabianbusiness, Selasa, (8/5/2012). 

"Kuartal pertama tahun ini menyaksikan pertumbuhan 40 persen dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu," tambahnya.

2010 pariwisata dihasilkan sekitar USD12,5 miliar yang kemudian merosot menjadi USD9,8 miliar tahun 2011 dan menurun hingga USD8,8 miliar.  “Saya bertujuan untuk mengambalikan jumlah wisatawan 14,7 juta orang,” katanya.

Mounir menjelaskan, pertumbuhan angka pariwisata akan didorong sejumlah proyek, pembukaan kembali pesiar Nil dari Kairo ke Aswan dan menawarkan penerbangan charter bersama dengan operator wisata.

Namun, Mounir memperkirakan pemilu selama musim panas akan berdampak terhadap pariwisata. "Pertumbuhan akan melambat pada bulan Mei dan Juni karena ada pemilihan presiden. Tetapi setelah bulan itu akan terjadi kenaikan," katanya.

Pariwisata merupakan 11,3 persen dari PDB Mesir dan layanan terbesar negara Afrika Utara ekspor, yang mewakili 49 persen dari seluruh ekspor jasa.

Jumlah tertinggi wisatawan yang datang berasal dari Rusia sebanyak 2,8 juta orang, Inggris 1,5 juta orang, dan Jerman 1,3 juta orang. Jumlah itu menyusut pada tahun 2011 menjadi Rusia 1,85 juta orang, Inggris 1,2 juta orang, dan Jerman hanya 1 juta orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar